Site Overlay

Ayam Goreng Serundeng Legendaris Warung Doyong

MakanKemana.com –  Warung ayam goreng legendaris di Bogor ini setiap harinya bisa menjual 350 ekor ayam. Penggemar ayam goreng dan masakan rumahan khas Sunda pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat makan satu ini.  Namanya Ayam Goreng Warung Doyong 1 yang terletak di Jalan Pahlawan No. 43 di Kota Bogor, Jawa Barat. Ternyata sudah berdiri sejak tahun 1979 dan kian ramai sampai sekarang. Puluhan tahun berselang dan usaha ayam goreng ini makin terkenal dan ramai pengunjung, Ibu Yuniawati inisiatif pemiliknya mengatakan mulai menambahkan aneka masakan rumahan khas Sunda sebagai pelengkap untuk makan ayam goreng di tempatnya. Yang menjadi beda rasanya dengan ayam goreng lainnya adalah Bumbu Ungkepnya pakai kecombrang. Serundeng yang dipakai lengkuas, kecombrang sama sereh. Jadi makan serundeng sama nasi saja sudah enak karena kaya rempah.

Karena racikan bumbu yang sederhana inilah yang membuat orang-orang justru ketagihan dengan rasa ayam goreng gurih di Warung Doyong 1.  Setiap hari Warung Doyong 1 ini buka dari jam 08.00 sampai jam 14.00 saja. Di atas jam 11.00,  makanan prasmananannya sudah tidak lengkap. Di awal berdirinya warung ayam goreng ini,  sepotong ayam goreng di harga Rp 4.000 saja. sekarang  harga jualnya Rp 18.000 per potong sejak empat tahun lalu belum naik lagi.

Meski pengunjungnya selalu ramai tapi tak perlu khawatir untuk mengantre lama, karena area makannya cukup luas. Di meja prasmanan, Ibu Yuniawati setiap harinya menyuguhkan 20 jenis masakan rumahan yang dibuat secara fresh sehingga rasa dan kualitasnya terjaga. Selain ayam goreng bisa ambil prasmanan lauk lainya seperti udang balado, tempe orek, tumis toge tahu, perkede, tahu isi, kikil, tumis oncom, paru goreng hingga sayur asem.  Meski menggunakan ayam penjantan tapi tekstur dagingnya tetap juicy dan tidak keras sama sekali. Lauk lain seperti tumis oncom hingga kentang kecap juga menambah kelezatan dari ayam goreng legendaris ini.

Ada yang mudik ke Bogor ? Yuk jangan lupa mampir ke warung ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *