Site Overlay

Yutuk Karangbolong, Kebumen

MakanKemana.com – Jika bicara tentang kuliner Kebumen, kudu cobain Yutuk. Kuliner ini, sejenis undur-undur laut yang rasanya gurih enak.  Kebumen juga gak lepas dari keindahan alam Pantai Selatan. Hal ini dikarenakan kabupaten Kebumen  berada di ujung selatan pulau Jawa membuatnya memiliki banyak pantai eksotis dengan segudang potensi. Di samping potensi alam itu, Kebumen juga memiliki kuliner unik yang wajib dicoba saat mengunjunginya. Undur-undur laut atau biasa disebut yutuk oleh warga sekitar merupakan sebangsa crustacea layaknya kepiting, udang, dan lobster.

Rasa dari undur-undur laut ini gurih mirip dengan hewan-hewan laut lainnya.  Meskipun berukuran tak terlalu besar, hewan ini memiliki kandungan gizi tinggi protein, lemak, zat besi, dan zat kitin yang dapat menurunkan kolesterol serta menjaga metabolisme tubuh.  Hampir semua pedagang di sekitar pantai menjualnya. Salah satunya di Pantai Karangbolong, yang terletak di Puring, kabupaten Kebumen.

Ada dua jenis olahan yutuk yang paling sering ditemukan di sini yaitu peyek yutuk dan yutuk crispy. Menurut seorang warga lokal, sekaligus pemilik warung yang menjual yutuk, ada beragam reaksi wisatawan ketika mencoba yutuk untuk pertama kalinya. Yutuk dijual dengan harga Rp 10,000 per ons.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *