Site Overlay

Kagape, Santapan Favorit Raja-Sultan Bima.

MakanKemana.com – Kagape adalah salah satu menu favorit untuk berbuka puasa di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kuliner khas Bima ini terdiri dari kikil dan daging yang dimasak dengan santan kelapa dan rempah-rempah.
Katanya,  Kagape yang kuahnya mirip dengan soto madura itu menjadi santapan favorit raja bahkan hingga sultan Bima di masa lalu. Bahkan, Kagape menjadi hidangan andalan untuk tamu-tamu kerajaan dan kesultanan Bima kala itu.

pragmatic slot

Bedanya, Kagape yang dihidangkan oleh sultan dan raja Bima terbuat dari daging dan kikil rusa. Sementara, Kagape yang dikonsumsi warga pada umumnya berbahan dasar kikil dan daging sapi, kerbau, serta kambing.

Proses pembuatan Kagape sapi sangat mudah. Tahap pertama, kaki sapi mentah direbus atau bisa juga dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, bulunya dibersihkan menggunakan pisau. Kikil yang telah diiris kecil-kecil  dituangkan ke dalam santan kelapa yang sudah mendidih. Tuangkan daging, jeroan, limpa, hingga hati sapi. Tak lupa aneka rempah-rempah seperti kemiri, jintan, sereh, bawang merah, dan bawang putih yang telah dihaluskan.

maxwin slot

Wah ngebacanya aja udah bikin ngiler ya. Kapan ke Bima buat berburu Kagape ?

Baca juga : Daftar Kuliner Kota Bima.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *