Site Overlay

Ngabuburit Lengkap di Pasar Pasan Kotagede.

MakanKemana.com – Bakal seru kalau menunggu berbuka puasa tahun ini,  kalau ngabuburitnya di Kotagede. Karena kalau ke Jogja kamu bisa menikmati paket komplet di Pasar Pasan yang digelar sebulan penuh selama Ramadan. Disebut paket komplet, karena tak hanya deretan pedagang makanan tapi juga ada pengajian dan Sasar Susur, yaitu jalan-jalan untuk lebih mengenal Kotagede dengan beragam khasanah sosial budaya di dalamnya.

pgsoft slot

Dengan tajuk Kulonuwun Kotagede, Pasar Pasan digelar mulai pukul 15.00 WIB ini mengusung konsep mendekatkan dinamika sosial di pasar dengan masjid.  Keistimewaan Pasar Pasan bukan saja terletak pada nilai yang mendasari terbentuknya pengelolaan secara profesional pasar tiban. Tapi juga melihat konteks Kotagede dan apa yang hidup di dalamnya selama Ramadan. Mulai dari rekam jejak sejarah Mataram Islam, deretan bangunan heritage rumah Kalang, perajin perak, sampai jajanan khas Kipo, kue kembang waru dan Carang Gesingnya.

Kalau ada kesempatan di saat Ramadan ini kamu datang ke sini,  begitu tiba di lokasi Pasar Pasan, kamu bisa memilih beragam jajanan dan penganan jadoel hingga kekinian yang dijual di sepanjang Jalan Mondorakan. Aktivitas menunggu berbuka yang tak kalah asiknya adalah jalan kaki menyusuri Kotagede atau yang akrab disebut sasar susur. Sasar susur akan dilaksanakan empat kali.

maxwin slot

Diantaranya panitia akan mengajak jalan-jalan menyusuri spot sejarah sepak bola ke wilayah Prenggan. Kemudian pekan berikutnya, berkolaborasi dengan komunitas Alon Mlampah akan diajak menyusuri labirin diantara lorong pergerakan Muhammadiyah mulai dari daerah Kauman-Karangkajen hingga Kotagede. Sasar Susur juga juga mengajak pengunjung  menyusuri arsip pergeseran urban di Kotagede bersama komunitas Gang-gangan. Serta jalan-jalan sketsa menyusuri kawasan cagar budaya Kotagede bersama komunitas seniman.

Mumpung masih dalam suasana Ramadan, yuk agendakan ke Kotagede, Yogyakarta.

Baca juga : Kuliner Rekomendasi di Wilayah Kotagede Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *