Site Overlay

WARKOP NYC

MakanKemana.com –  Kali ini ajakan makannya agak jauh ya, bahkan sangat jauh. Kita ajak ke New York City, karena disana ada Warkop NYC. Ternyata memperkenalkan kuliner dan budaya Indonesia bisa dari mana saja. Seperti dari sebuah tempat “kecil” di kota besar di Amerika Serikat, tepatnya Manhattan, New York City. Mungkin itulah gambaran dari Warkop NYC yang didirikan oleh Omar Karim Prawiranegara dengan beberapa rekannya, Teguh Chandra, Cut Lakeisha, serta Ditto “Percussion” sebagai investor. Warkop NYC sukses merepresentasikan warung kopi khas Indonesia yang sederhana, tapi kental dengan kearifan lokal.

Omar mengatakan idenya berasal bahwa konsep warung kopi alias warkop cocok dengan gaya hidup warga New York City yang serba cepat. Mereka merasa warkop merupakan everyone’s place. Dan, konsep itu juga cocok dengan karakter kota New York yang juga memiliki pace yang cepat dan sebagai melting pot untuk exposure sebuah brand. Karena itulah Warkop NYC hadir, untuk menjawab keresahan mereka akan exposure kuliner dan juga pop culture Indonesia di luar negeri yang sampai saat ini masih samar-samar.

online slot

Ketika berniat membuat Warkop NYC, Omar mengaku tidak mengenal siapa-siapa dan benar-benar mulai dari nol. Omar bercerita, mencari tempat dan mengurus proses izin adalah yang tersulit. Meski begitu, Omar berhasil menghadirkan Warkop NYC secara mandiri, berdiri sendiri, dan belum ada sentuhan bantuan dari lembaga Indonesia waktu itu. Sangat senang karena respons yang mereka dapatkan sangat baik. Bahkan, sebulan setelah pembukaan Warkop NYC, masih banyak orang yang mengantre. Semua orang penasaran dan mau mencoba menu yang disediakan disini.

Warkop NYC buka pertama kali, pengunjung yang datang hampir 80% adalah orang Indonesia. Kini, variasi pengunjung sudah berimbang 50:50, antara Diaspora dengan warga lokal. Bahkan mulai ada peliputan oleh media lokal, seperti eater dan NYTimes, sangat membantu mereka dalam menambah exposure Warkop NYC kepada warga lokal.  Rata-rata per hari bisa kedatangan 8-100 pengunjung dan jumlahnya bisa naik dua kali lipat saat weekend. Berdiri pada 3 Maret 2022 lalu, salah satu menu terlaris di Warkop NYC adalah internet atau mi instan yang disajikan dengan telur dan kornet dan es kopi susu aren.  Sekarang, Warkop NYC sudah menyediakan produk ready to drink yang cukup digemari oleh warga lokal. Kedepannya, variasi menu akan terus dikembangkan.

rtp slot

Kehadiran Warkop NYC cukup menyita perhatian warga lokal dan menjadi viral di Indonesia. Salah satu keunikan dari Warkop NYC adalah dengan menghadirkan “kearifan lokal” Indonesia, seperti bungkus saset bubuk minuman yang digantung dan ruangan dengan warna khas warkop pada umumnya.  Pelanggan duduk di kursi plastik yang sering disediakan di warkop di Indonesia.

Apa yang dilakukan oleh Omar dan rekan-rekannya juga menerima apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Menteri Sandi datang langsung ke Warkop NYC setelah warkop ini viral di sosial media. Dalam kesempatan itu, Menteri Sandi memesan mi instan dan dan kopi aren latte, menu andalan Warkop NYC.  Menteri Sandi bilang bahwa ada sensasi yang berbeda ketika makan mi instan di New York dengan di Indonesia.

pgsoft slot

Mendapatkan begitu banyak perhatian, Omar ingin apa yang dia capai juga bisa menular kepada pelaku industri kuliner lainnya, khususnya yang ingin membuka restoran di luar negeri. Untuk itu, Omar juga berharap pemerintah Indonesia bisa memberikan dukungan yang lebih baik lagi untuk pelaku bisnis kuliner Indonesia agar semakin berkembang.

Jadi kapan mau kesini ?

Baca juga : Intip Menu Lengkap Warkop NYC.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *