Site Overlay

Mie Laksa, Kuliner Khas Tangerang.

MakanKemana.com – Berawal dari peranakan budaya Tionghoa dan Melayu, Mie Laksa menjadi salah satu kuliner khas Kota Tangerang yang sampai saat ini digemari oleh banyak kalangan.

Laksa atau yang lebih dikenal dengan Mie Laksa adalah salah satu makanan traditional ternama yang tercipta lewat perpaduan antara Tionghoa dengan Melayu. Sesuai dengan namanya, “Laksa” berasal dari bahasa sansekerta yang berarti banyak. Kata banyak sendiri mengarah kepada pembuatan Mie Laksa yang menggunakan racikan dari banyak macam bumbu dapur. Laksa mulai berkembang di beberapa wilayah. Terdapat juga jenis laksa yang terkenal di Indonesia. Diantaranya, Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Namun Ada satu lagi Laksa yang tak kalah terkenal, yaitu Laksa Tangerang.

demo slot

Laksa Tangerang memiliki keunikan tersendiri. Jika melihat Laksa Bogor, terdapat kuah kental yang berasal dari potongan oncom, dengan campuran ketupat, bihun, tauge panjang, suwiran daging ayam, udang, dan telur rebus yang biasanya di makan dengan sambal suka. Pada Laksa Betawi, biasanya berisi telur, tauge pendek, ketupat, daun kemangi dan kucai. Ada juga yang menambahkan bihun dan perkedel, untuk memperkaya rasanya. Kalau Laksa Tangerang, terbuat dari mie tepung beras putih yang sudah direbus, kemudian ditaburi daun seledri, dan diberi kuah kuning yang kental . Ditambah dengan  parutan kelapa yang disangrai dan kacang hijau menjadikan rasa manis yang khas. Sebagai pelengkap, Laksa Tangerang bisa dipadukan dengan opor ayam , telur rebus ataupun tahu.

Ternyata ada dua jenis Laksa Tangerang, yaitu Laksa Nyai dan Laksa Nyonya. Dikatakan, Laksa Nyai dibuat oleh kaum pribumi Tangerang, sedangkan Laksa Nyonya dibuat oleh kaum peranakan Cina di Tangerang. Laksa Nyai bisa didapatkan di samping POM Bensin Babakan Cikokol, sementara laksa Nyonya ada di Pasar Lama Kota Tangerang. Untuk mendapatkan satu porsi Laksa ini, cukup mengeluarkan dana sebesar Rp.15.000 – Rp.20.000,- saja untuk bisa membawa pulang kuliner yang satu ini. Harganya yang relatif murah, membuat semua kalangan bisa mencicipinya kapan saja.

gacor77

Laksa di Kota Tangerang sudah berkembang sejak ratusan tahun lalu. Namun, sampai saat ini belum ada yang mengukuhkan sejarah berdirinya Laksa sebagai salah satu makanan khas di kota nomor satu Provinsi Banten ini. Pada tahun 1970-an, Laksa mulai dijajakan oleh banyak pedagang keliling di Kota Tangerang. Teriakan khas, “laksa… laksa…” dari para pedagang biasa terdengar. Mereka menjualnya dengan berkeliling dari kampung ke kampung. Namun, seiring berkembangnya zaman, laksa mulai tergeser oleh makanan cepat saji. Sehingga, pada saat itu jejak makanan laksa mulai menghilang dalam kurun waktu 20 tahun.

Tapi di tahun 2000, makanan ini kembali muncul di banyak tempat bahkan Pemkot Tangerang juga memberikan dukungannya sampai saat ini. Pemerintah Kota Tangerang memberikan fasilitas penjual laksa dengan menyediakan bangunan pondok yang terbuat dari bambu dan beratap jerami. Tepatnya berlokasi di Jalan Mohamad Yamin, Kota Tangerang. Wisata kuliner Laksa Tangerang kini siap menyajikan kenikmatan kuliner dengan tempat yang nyaman nan asri.

Wah jadi penasaran gak dengan rasa Laksa Tangerang ?

Baca juga : Makanan Khas Tangerang Yang Tak Kalah Enak Dari Mie Laksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *